Peringkat E-Government Indonesia Melonjak, E-Participation Index Sejajar Negara Maju

Kontributor: -8 views

JAKARTA (XNews.id) – Peringkat Indonesia dalam pengembangan dan pelaksanaan e-government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) naik signifikan seiring dengan transformasi digital yang gencar dilakukan pemerintah.

Berdasarkan E-Government Survey 2020 yang dirilis Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 10 Juli lalu, Indonesia naik 19 peringkat dibandingkan dengan 2018 di posisi 107 dan posisi 116 pada 2016.

Secara keseluruhan, Indonesia mencatat skor 0.6612 di dalam grup High E-Government Development Index (EGDI) di UN E-Government Survey 2020 tersebut sehingga berhasil masuk 100 besar peringkat dunia di posisi 88 dari 193 negara anggota PBB.

PBB mempredikatkan negara-negara yang mendapatkan poin lebih dari 0.75 sebagai Very High EGDI, untuk poin 0.50 sampai 0.75 sebagai High EGDI, poin 0.25 sampai 0.50 sebagai Middle EGDI, dan kurang dari 0.25 sebagai Low EGDI.

Survei PBB kali ini mengusung tema “Digital Government in the Decade of Action for Sustainable Development”, guna membantu negara-negara anggota PBB untuk mengidentifikasi kekuatan dan tantangan masing-masing dalam upaya mempertajam implementasi kebijakan dan strategi pengembangan penerapan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!