Teten Masduki: Saat Pandemi UMKM Jadi Penyangga Ekonomi Nasional

Kontributor: -7 views

Jakarta (XNews.id) – Menteri Koperasi (Menkop) dan UKM Teten Masduki mengatakan bahwa UMKM saat ini menjadi penyangga ekonomi nasional di tengah ketidakpastian akibat pandemi Covid-19. Diharapkan, sektor UMKM dapat menahan angka pengangguran dan menekan angka kemiskinan di negeri ini.

“UMKM itu sudah berkali-kali menghadapi situasi sulit, krisis. Kelebihan dari UMKM yang kecil-kecil ini cepat melakukan perubahan. Banting stirnya itu cepat,” kata Teten dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (10/10).

Dalam sebuah webinar yang digelar Warta Ekonomi bertajuk ‘Kiat Inovasi Kreatif UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Covid-19’, Teten mengatakan, alasan itulah yang membuat pemerintah mengalokasikan anggaran yang besar dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). Ada pula program restrukturisasi pinjaman, termasuk memberikan hibah modal kerja bagi UMKM yang belum bankable.

“Dari sisi demand kita coba bantu penyerapan lewat belanja kementerian dan lembaga. Kami mendapatkan komitmen dari Kementerian BUMN, capex di bawah Rp 14 miliar ini sekarang diperuntukkan untuk UMKM,” ujar Teten.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!