Eriko Sotarduga: UMKM Bisa Menjadi Sumber Pertumbuhan Baru Ekonomi Nasional

Kontributor: -13 views

Jakarta (XNews.id) – Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Eriko Sotarduga menyampaikan bahwa UMKM merupakan tulang punggung perekonomian domestik, oleh karenanya perlu didorong untuk menjadi sumber pertumbuhan baru ekonomi. Tiga hal kunci yang harus ditempuh dalam pengembangan UMKM adalah peningkatan nilai tambah produk-produk UMKM, digitalisasi UMKM, dan sinergi.

“Dalam pandemi Covid-19 ini, UMKM adalah sektor yang paling terpukul karena banyaknya PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar). Terkait hal tersebut, Komisi XI DPR RI ingin mendapatkan informasi tentang langkah-langkah yang diambil Bank Indonesia untuk mengangkat kembali UMKM di tengah pandemi Covid-19 saat ini di provinsi Jawa Barat,” ucap Eriko saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Komisi XI DPR RI ke Provinsi Jawa Barat, Senin (12/10/2020).

Dikatakannya, digitalisasi UMKM dapat ditempuh dengan memanfaatkan platform digital, khususnya untuk pemasaran online dan digitalisasi pembayaran. Di sisi pemasaran, sambungnya, Bank Indonesia telah melaksanakan program onboarding UMKM dengan melibatkan UMKM binaan dan mitra. “Program ini menjadi salah satu upaya Bank Indonesia dalam upaya pengembangan kapasitas UMKM, khususnya terkait literasi digital UMKM,” paparnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!