Terungkap Jasa 2 Jenderal di Balik Perubahan Seragam Satpam Mirip Seragam Polisi

oleh -154 Dilihat
oleh

Kegiatan Rakor dan Sosialisasi Perpol itu sendiri dibuka oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto. Dalam sambutannya, ia mengungkapkan dua sosok penting yang paling berjasa atas lahirnya kebijakan pergantian seragam Satpam mirip seragam polisi itu.

Sosok pertama adalah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis sendiri, yang atas pertimbangannya menyetujui pergantian seragam Satpam mirip seragam polisi, dengan syarat-syarat tertentu seperti gradiasi warna hingga 20 persen dari seragam Polri.

“Saat Bapak Kapolri menandatangani Perpol Nomor 4/2020 ini, saya secara resmi mengucapkan kepada beliau, ‘Pak, ucapan terima kasih kami dari Baharkam Polri dan keluarga besar ABUJAPI, keluarga besar Satpam, kita sudah mengangkat profesi mulia Satpam di bawah koordinasi dan pembinaan Polri,” ungkap Kabaharkam Polri.

Menurutnya, penerbitan Perpol tersebut di tengah pandemi COVID-19 merupakan momentum yang tepat. Karena dapat menjadi salah satu pendorong pemulihan ekonomi nasional.

“Enam ratus lima puluh ribu personel Satuan Pengamanan yang ada di Indonesia. Dengan adanya perubahan seragam Satpam ini, mau yang lengan panjang maupun yang lengan pendek, masing-masing satu saja, kalau kali dua berarti 1.300.000 seragam akan dibuat. Kalau masing-masing Rp100.000 saja, sudah Rp1,4 triliun kontribusi dari ABUJAPI dan Satuan Pengamanan ini memberikan bantuan bagi upaya percepatan pemulihan ekonomi nasional,” terang Komjen Pol Agus Andrianto.