Menjelajah Situs Megalitik Boronadu yang Berusia Ribuan Tahun

Kontributor: -32 views

Nisel (XNews.id) – Situs Megalitik adalah salah satu objek wisata sejarah yang bisa masuk dalam agenda kunjungan jika datang ke Nias Selatan. Batu ini merupakan peninggalan zaman megalitikum terdiri atas batu-batu berbagai bentuk dan ukuran.

Ada yang menyerupai tugu, patung, bundar dan persegi. Sementara Batu Behu yang bentuknya menyerupai tugu, menandakan pernah ada pesta besar-besaran di sini. Batu berbentuk bundar, dulunya digunakan untuk menari saat pesta sedangkan batu berbentuk persegi adalah singgasana raja.

Situs Megalitik di Boronadu berjarak sekitar 106 km dari pusat Kota Gunungsitoli dengan waktu tempuh 2,5 jam perjalanan.

Objek wisata ini terletak di Desa Boronadu, Kecamatan Gomo, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara. Juga sebagai situs megalitikum peninggalan para leluhur Suku Nias ribuan tahun lalu.

Boronadu merupakan desa terpencil di Nias Selatan yang sering dijadikan tempat upacara adat Boronadu atau penyelesaian konflik pada kelompok yang sedang bermusuhan. Situs ini diyakini sebagai asal mulanya para leluhur masyarakat Nias (Ono Niha) atau manusia pertama Nias.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!