Prof. Muhammad: Hukum Yang Dipatuhi Secara Tepat, Benar, Dan Ditegakkan Adalah Etika Tertinggi

Kontributor: -6 views

Jakarta, (XNews. Id)  − DKPP RI menggelar acara Peluncuran dan Bedah Buku Karya Ketua DKPP, Prof. Muhammad berjudul ‘Etika & Pemilu Demokratis’ pada Sabtu (19/12/2020) di Redtop Hotel and Convention Centre, Jakarta pukul 08.30 WIB.

Penulisan buku ini dilatarbelakangi keresahan Prof. Muhammad karena terlalu banyak orang mempertentangkan hukum dan etika, dan hanya sedikit yang bisa menganggap hukum dan etika adalah sesuatu yang tidak bisa dipertentangkan.

“Harusnya direkatkan, dikuatkan. Jadi sependek bacaan saya lebih banyak ahli, penulis yang mempertentangkan. Hukum dan etika ini katanya seperti ‘air dan minyak’, tidak bisa bersatu ,” ungkapnya.

Menurut Guru Besar Ilmu Politik Universitas Hasanuddin ini, kita tidak bisa memaksakan nilai-nilai etika itu diatur dalam hukum formal atau hukum positif karena etika sangat individualistik, sangat personal. Sehingga negara tidak bisa menyusun dalam sebuah hukum-hukum positif, hukum-hukum formal.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!