Wawan Ajak Petani Indramayu Pertahankan Desa sebagai Lumbung Pangan Nasional

oleh -218 Dilihat

Indramayu ( XNews.id ) – Ketua Wahana Masyarakat Tani Nelayan Indonesia (Wamti) Wawan Sugiarto, S. TP, mengungkapkan selama ini sektor pertanian selalu diidentikkan dengan kehidupan desa yang tak jarang dipandang ‘sebelah mata’. Padahal, sektor pertanian lah yang menopang kehidupan manusia.

Kini seiring perkembangan zaman, berbagai desa telah tumbuh menjadi sentra perekonomian dalam skala kecil dan menengah (UMKM), di samping tetap menjalankan peran sebagai ‘lumbung pangan’ nasional.

“Dengan sedikit sentuhan teknologi dan peningkatan kompetensi serta kapasitas sumber daya manusia, pemerintah sedang menggalakkan program pengembangan potensi desa menjadi Dewa (desa wisata agro), Dewi (desa wisata industri), dan Dedi (desa digital),” ujar Wawan dalam keterangannya, Senin (21/12/2020).

Hal itu diungkapkannya saat Sosialisasi Bersama Gabungan Kelompok Tani di Kabupaten Indramayu. Iapun memandang dengan potensi sumber daya yang dimiliki bangsa Indonesia, peluang pengembangan sektor pertanian bersama industri kecil dan menengah di desa masih terbuka lebar.