Refleksi Akhir Tahun, Memaknai Kekuatan Sila ke 3 dan ke 5 dalam Mengikat Persatuan Bangsa

Kontributor: -56 views

Penulis: Yusri Kasim, SE, M.Si Alumni Lemhanas RI

Jakarta (XNews.id) – Arti Penting refleksi akhir tahun 2020 adalah mengikat kemajemukan warganya serta rasa tolerasi tinggi dalam berinteraksi dan beralkuturasi. Menghadapi era ledakan demografi serta kondisi Pandemi Covid global seperti sekarang, sudah seharusnya 270 juta penduduk negara Indonesia bersatu tidak mudah tercerai – berai oleh karena gesekan konflik politik serta kekuasaan yang tak berujung. Mari tetap komitmen, berpedoman dalam bingkai persatuan dan kesatuan yakni tetap berpegang pada ‘Bhinneka Tunggal Ika’ serta makna isi dari butiran ‘Pancasila’.

Isi Butiran Pancasila bagi Bangsa Indonesia harus dipahami semua warga negaranya. Persatuan dan kesatuan merupakan hal penting yang harus dimiliki tiap negara. Tanpa persatuan dan kesatuan, sebuah negara akan mudah terombang-ambing. Dengan memahami arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia, negara akan terhindar dari konflik dan perpecahan. Arti penting persatuan dan kesatuan bagi Bangsa Indonesia harus diwujudkan supaya kehidupan yang terjadi selaras, serasi, dan seimbang.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!