Tingkatkan Kapasitas dan Kesiapsiagaan Anggota, ORARI Lokal Blitar Gelar Bimtek Kebencanaan dan Simulasi Emcom

Kontributor: -47 views

Blitar (XNews.id) – Guna meningkatkan kapasitas anggota  dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana dan kondisi darurat, Organisasi Amatir Radio Indonesia (ORARI) Lokal Blitar menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Kebencanaan dan Emergency Communication (Emcom), di perkebunan cengkeh Branggah Banaran, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Bimtek yang diselenggarakan selama 2 hari, dari tanggal 19 hingga 20 Desember 2020 tersebut diikuti sebanyak 50 anggota dan relawan dari sektor Blitar timur. Selama kegiatan para peserta menerima materi seperti mendirikan posko dan station darurat, setup antenna emergency, tehnik komunikasi radio, hingga simulasi komunikasi bencana.

Ketua ORARI Lokal Blitar, Warijanto, YB3JT mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kesiapsiagaan dan ajang latih diri anggota ORARI Lokal Blitar, khususnya dalam menghadapi bencana dan situasi darurat yang sewaktu-waktu terjadi diwilayah Blitar raya.

“Sebagai wujud kesiapsiagaan dan ajang latih diri anggota ORARI dalam menghadapi bencana dan kondisi darurat. Ini merupakan tanggung jawab moral setiap anggota jika terjadi bencana untuk membantu pemerintah dan masyarakat sesuai dengan kapasitas dan potensi yang dimiliki,” ujarnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!