Kerap Serang Warga, Obi Dipasung Selama 30 Tahun

Kontributor: -10 views

Bangga, (XNews.id) – Thobias Lepong alias Obi (53) warga Desa Sambiut, Kecamatan Totikum, Kabupaten Banggai Kepulauan (Bangkep), Sulawesi Tengah, hidup dengan kondisi dipasung. Gangguan jiwa yang dapat alamnya membuat pihak keluarga terpaksa memasungnya di gubuk berukuran 2×3 berjarak 5 meter dari rumah orangtuanya.

Kondisi itu sudah terjadi selama kurang lebih 30 tahun. Keluarga terpaksa, Obi dinilai dapat membahayakan nyawa orang lain.

Berdasarkan cerita dari Alaysia Lucia Mbeuk (79), Ibunda Obi, setelah pulang kuliah dari Manado pemuda itu sering tanpa sebab. Ia juga mengejar warga benda yang dapat melukai orang. “Mulai mengalami gangguan jiwa sekitar tahun 90-an,” tutur Alaysia, Senin, (25/1/2021).

Obi lanjutnya, sempat mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Mamboro Kota Palu, berkat bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Bangkep. Namun, baru berjalan enam bulan, Obi meminta untuk dipulangkan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!