Pertamina Gelar Donor Plasma Konvalesen Bantu Pasien Covid-19

oleh -98 Dilihat
Donor Plasma Pertamina
Kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 yang digelar PT Pertamina (Persero) Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut), Jumat (29/1/2021). (Dok. Pertamina)

Medan, (XNews.id) – Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Republik Indonesia untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Satu diantaranya yakni dengan mencanangkan Gerakan Nasional Donor Plasma Konsvalesen.

Transfusi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi tambahan untuk mengobati pasien Covid-19. Ini merupakan upaya meningkatkan angka kesembuhan pasien yang terinfeksi virus tersebut.

PT Pertamina (Persero) Regional Sumatera bagian Utara (Sumbagut) pun ikut ambil bagian dengan mengadakan kegiatan donor darah dan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19. Kegiatan ini didukung oleh Fungsi Human Capital Medical Sumbagut bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kota Medan.

“Kegiatan donor darah merupakan kegiatan yang kita lakukan secara rutin sedangkan kegiatan donor plasma konvalensen bagi penyintas Covid-19 ini baru pertama kali. Hal ini dilakukan supaya penyintas (pasien sembuh) menjadi pendonor plasma konvalesen agar semakin banyak pasien Covid-19 yang dapat dibantu,” ujar Executive General Manager Regional Sumbagut (Sumatera bagian Utara) Herra Indra W, Jumat (29/1/2021).

Plasma konvalesen jelasnya, sangat dibutuhkan bagi pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Kegiatan donor plasma konvalesen digelar selama dua hari pada Kamis (28/1/2021) dan Jumat (29/1/2021) dengan protokol kesehatan yang ketat.

Kegiatan donor plasma konvalesen bagi penyintas Covid-19 bertempat di Unit Donor Darah (UDD) PMI, Jalan Perintis Kemerdekaan No. 37 Medan. Sementara itu, kegiatan donor darah berada di Gedung Serbaguna PT Pertamina Regional Sumbagut.

“Sehat saat ini adalah hal yang mahal, terima kasih kawan-kawan semua meskipun kita sedang melawan pandemi, antusias kawan kawan untuk mendonorkan darah sangat tinggi. Ini sesuatu yang mengembirakan, sesuatu perbuatan yang sangat mulia, bisa menolong nyawa orang lain,” ujar Herra Indra W.