Pakar Hukum Tata Negara DR. Mirza Nasution : Perda Belanja Iklan Nasional Penting Bagi Daerah Dan Kehidupan Pers Lokal

Kontributor: -29 views

MEDAN (XNEWS.ID) – Akademisi Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Mirza Nasution memandang pentingnya Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur belanja iklan nasional bagi daerah. Terutama bagi kehidupan Pers lokal.

Untuk itu Ketua Asosiasi Pengajar Hukum Tata Negara-Hukum Administrasi Negara (APHTN-HAN) Provinsi Sumatera Utara ini, menyebutkan bahwa pers harus independen dan tanpa intervensi penguasa.

“Pers itu bebas independen artinya dia (pers) jangan terintervensi negatif terhadap kekuasaan dan penguasa,” jelas Mirza Nasution yang didapuk sebagai narasumber dalam Diskusi Media yang digelar Serikat Pers Republik Indonesia (SPRI) Provinsi Sumatera Utara, Jumat (29/1/2021) di Hotel Grand Antares Medan.

Pengajar Hukum Ketatanegaraan USU itu juga mempertanyakan kondisi Pers hari ini yang cenderung berpihak.

“Tapi saya ngak tahu hari ini dia (pers) diintervensi siapa? Apakah oleh eksekutif atau legislatif dan notabene siapa legislatif itu ? Karena saya lihat banyak juga pemilik pers itu, ya maaf kata, selain pengusaha, ya pimpinan partai politik,” tuturnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!