Tak Lagi Mengandalkan Sumber Daya Alam, DPD Dorong Pemda Lebih Inovatif

Kontributor: -17 views
Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi

JAKARTA, (XNews.id) – Corona virus disease 2019 (COVID-19) yang telah menjadi pandemi tidak hanya berpengaruh terhadap sektor kesehatan melainkan turut menghantam seluruh lini kehidupan termasuk sektor perekonomian di Indonesia.

Pembatasan aktivitas masyarakat turut mempengaruhi aktivitas bisnis yang berimbas pada sektor perekonomian. Konsumsi rumah tangga sebagai penopang perekonomian utama juga ikut melambat secara signifikan dan pada akhirnya berpengaruh terhadap kinerja usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), begitu pula dengan sektor industri.

Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi mengatakan di dunia industri, strategi efisiensi diterapkan mulai dari pengurangan produksi, jam kerja karyawan, hingga pemutusan hubungan kerja (PHK) sementara penyerapan tenaga kerja tidak sebesar mereka yang terkena PHK.

“Pandemi COVID-19 menjadi saksi perjalanan atas momen bersejarah terciptanya hilirisasi inovasi produk kesehatan ventilator pertama karya anak bangsa,” terang Ketua Komite I DPD RI Fachrul Razi, Senin (8/2/2021).
Ini membuktikan, sambung Fachrul Razi, bahwa pandemi COVID-19 tidak sepenuhnya memberi ancaman bagi keberlangsungan dunia industri melainkan juga peluang untuk menjaga iklim investasi sekaligus upaya pemulihan ekonomi nasional.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!