ACT Sumut Segera Luncurkan Program Seribu Perahu untuk Nelayan

oleh -124 Dilihat

Medan, (XNews.id) – Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara akan meluncurkan Program “BANTU 1000 PERAHU NELAYAN SUMATERA UTARA” untuk membantu para nelayan yang ada di Sumatera Utara (Sumut).

Ilham Moehammad, Markom ACT Sumut mengatakan, program tersebut ditujukan untuk membantu agar warga pesisir yang mayoritas nelayan terbebaskan dalam penyewaan perahu dan mimpi mereka memiliki perahu sendiri pun terwujud.

“Dari hasil assessment (survey) yang dilakukan tim Aksi Cepat Tanggap Sumatera Utara di tiga lokasi, yakni di Kampung Perlis Pangkalan Brandan, Jaring Halus Stabat dan Bagan Deli Belawan diketahui, hampir dipastikan 50% Nelayan tidak memilki perahu sendiri. Para nelayan dengan keterbatasan ekonomi, memilih untuk menyewa perahu dengan harga sewa yang bervariasi sesuai dengan ukuran dan kapasitas tamping perahu itu sendiri,” ujar Ilham dalam keterangannya, Jumat (19/2/2021).

Ilham melanjutkan, sebagian besar mereka masih menyewa perahu dari masyarakat pesisir yang memang memiliki usaha penyewaan perahu dan kapal.