Pemerataan Jaringan 4G, Kemkominfo Bangun Infrastruktur Digital Hingga Pelosok Negeri

oleh -106 Dilihat
Staff Ahli Menkominfo RI, Prof. Dr. Henri Subiakto
Staff Ahli Menkominfo RI, Prof. Dr. Henri Subiakto saat diwawancarai awak media di Medan, Jumat (19/2/2021).

Medan, (XNews.id) – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) tengah membangun infrastruktur digital diseluruh wilayah di tanah air. Hal itu diungkapkan pada Media Gathering dalam rangkaian kegiatan Inklusi Digital 2021, Jumat (19/2/2021) di Medan.

Staff Ahli Menkominfo RI, Prof. Dr. Henri Subiakto mengungkapkan, pembangunan infrastruktur itu merupakan bagian dari percepatan transformasi digital di Indonesia yang di instruksikan Presiden Joko Widodo kepada Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

Pembangunan itu bertujuan untuk pemerataan jaringan telekomunikasi 4G hingga ke daerah 3T (terluar, tertinggal dan terdepan) di Indonesia. Dengan begitu, pemberian data informasi COVID-19 secara mobile dan online lebih cepat.

“Untuk mengurusi COVID-19, tata pelaksananya terkait informasinya. Makanya dalam 5 bulan, 3.106 puskesmas harus diselesaikan. Itu bisa 5 tahun, kita ingin mengejar infrastruktur digital,” ungkap Prof. Dr. Henri Subiakto kepada wartawan di Medan.

Henri menjelaskan, pandemi Covid-19 membawa perubahan aktivitas masyarakat. Penggunaan internet pun meningkat seperti penggunaan aplikasi zoom, belanja, transportasi digital meningkat dan lebih cepat dari yang dibayangkan.

“Sekolah-sekolah tutup, harus sekolah digital diseluruh Indonesia. Layanan-layanan digital. Makanya, pak Menteri meminta dari 13 ribu puskesmas di Indonesia. Harus semuanya bisa mengakses internet,” ujar Henri.