Ekspor Bunga Krisan Sumut ke Jepang Meningkat Signifikan

Kontributor: -19 views

Belawan, (XNews.id) – Ekspor komoditas sub sektor hortikultura asal Sumatera Utara (Sumut) berupa bunga hias, Krisan mengalami lonjakan. Kementerian Pertanian melalui Karantina Pertanian Belawan mencatat, terjadi lonjakan yang signifikan hingga minggu ke 3 Februari 2021.

Berdasarkan sistem perkarantinaan, IQFAST Barantan mencatat sebanyak 190 ribu batang bunga Krisan (Dendranthema lavandulifolium) senilai Rp. 851,7 juta dengan empat kali pengiriman berhasil di ekspor ke Jepang. Sementara untuk komoditas sama di tahun 2020 sebanyak 25 ribu dengan nilai Rp. 104,5 juta rupiah saja.

“Kami menyiapkan percepatan layanan fasilitasi karantina untuk ekspor bunga krisan yang jumlahnya melonjak di awal tahun 2021. Pemeriksaan dilakukan di gudang pemilik agar komoditas dapat langsung diberangkatkan saat tiba di pelabuhan laut,” kata Kepala Karantina Pertanian Belawan, Andi PM Yusmanto melalui keterangan tertulisnya, Senin (22/2/2021).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!