Petani Food Estate: Tim Kementan Gigih Berjuang Bersama Kami

oleh -101 Dilihat

Humbahas, (XNews.id) – Hasil tanaman di lahan food estate Humbang Hasundutan yang berbasis komoditas hortikultura sudah mulai terlihat. Ada 215 hektar areal yang sudah dikembangkan. Areal tersebut ditanami bawang merah, bawang putih dan kentang.

Salah satu kunci keberhasilan program food estate adalah pada kegigihan para petani yang berjuang bersama tim, baik dari Kementerian Pertanian, Pemerintah Daerah maupun pihak lain. Kerja keras mereka menjawab adanya tudingan sumir yang menganggap program food estate belum berhasil.

“Orang bilang ini gagal total. Namun saya yang menanam di sini, tidak mau dibilang gagal. Beberapa lahan memang ada yang tidak tumbuh maksimal. Meski demikian, coba lihat sendiri pertanaman yang saya miliki ini. Pertumbuhannya bagus. Lahan saya belum panen makanya kalau dibilang gagal itu salah,” ujar Jhon Les Lumban Gaul petani dari Kelompok Tani Ganda Mersada dalam keterangannya, Selasa, (22/2/2021).

Jhon menyebutkan, tantangan terberatnya adalah cuaca. Termasuk saat perayaan Natal dan Tahun Baru. Varietas batu ijo yang ditanam di lahannya sempat ditinggalkan beberapa hari karena fokus dengan perayaan keagamaan.

“Di sini kendala utamanya cuaca yang ekstrim. Pagi kadang hujan sampai sore dan kalau malam berkabut. Keduanya, waktu petani yang tersedot pada saat perayaan natal tahun lalu. Saya akui sempat saya meninggalkan lahan namun kemudian usai perayaan, saya kembali menekuni lahan saya, “ungkapnya.

Petani berusia 50 tahun ini menyatakan salut dengan Kementerian Pertanian. Dikarenakan, bantuan yang ia terima sesuai dengan kebutuhan yang ada tanpa dikurangi dan ditutup-tutupi. Tidak hanya benih dan sarana produksi, dirinya bersama para petani lain sempat menerima upah kerja.