Koperasi Plasma KSMS Batui ‘Sakit’ Modal

Kontributor: -5 views

BANGGAI (XNews.id) – Koperasi Sawit Maleo Sejahtera (KSMS) bentukan perusahaan perkebunan PT. Sawindo Cemerlang kurang sehat. Penilaian itu disampaikan oleh Abu Sofyan kepala Bidang Kelembagaan dan Pengawasaan  Dinas Koperasi dan UKM Banggai.

Ia menyampaikan, rapat antara manager perusahaan PT. Sawindo, Ketua Koperasi KPSMS, petani plasma  dan sejumlah sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada Rabu sore (4/3/2021) di kantor Dinas Tanaman Pangan , Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Banggai.

Disebutkan, KSMS masih aktif dan memiliki legalitas yang sah. Hanya saja KSMS tidak pernah melakukan apa yang menjadi kewajiban koperasi tersebut.

“legalitas hukum koperasi sah namun, permasalahan  muncul di belakang hari sejak tahun 2013 sampai sekarang tidak melakukan rapat anggota biasa maupun Rapat Anggota Tahunan (RAT)” kata Abu Sofyan

Menurutnya di Tahun 2019, ketua koperasi Nur Agama pernah menyambangi Dinas Koperasi dan UKM Banggai, kunjungan itu Nur Agmana menyampaikan, Koperasi yang dipimpinya berencana melakukan RAT. Tapi, rencana tersebut sampai dengan Tahun 2021 tidak pernah dilakukan, sehingga Koperasi KSMS dianggap tidak sehat.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!