Samino Insinyur yang Sukses Jadi Pengusaha Konveksi Melalui PKBL PTPN IV

Kontributor: -8 views

Medan, (XNews.id) – Samino, seorang Insinyur Teknik lulusan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), kini menjadi pengusaha konveksi kelas usaha kecil dan menengah (UKM) di Kota Medan. Perjalanan karirnya menjadi pengusaha konveksi tak lepas dari Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) PTPN IV.

“Saya sudah dibina oleh PTPN IV sejak tahun 2001 dan dibantu pendanaan melalui PKBL sebesar Rp 15 juta. Itu jumlah yang sangat besar dan mampu membantu usaha konveksi saya yang sudah dimulai sejak tahun 1991,” kata Samino kepada para wartawan, Selasa (30/3/2021).

Samino berkisah, kedatangannya ke Medan dari kota kelahirannya, Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu, di tahun 1991 bertujuan untuk melanjutkan pendidikan di universitas.

Sebagai putra dari karyawan perkebunan PTP milik pemerintah, Samino mengaku ingin kuliah sambil berusaha. “Saat itu saya datang ke Medan dengan membawa buku pelajaran, gunting, benang dan jarum jahit untuk menjahit,” ungkap Samino.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!