Amankan Aset Pemda, Pemkot Jogjakarta akan Bentuk Bank Tanah

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id)–Pemerintah Kota Jogjakarta berupaya merealisasikan pembentukan bank tanah sebagai langkah untuk mengamankan aset milik pemerintah daerah khususnya persil tanah. Sehingga, bisa mendukung program pembangunan di Jogjakarta.

”Langkah awal untuk membentuk bank tanah adalah dengan memperjelas alas hak atau status sebuah bidang tanah. Yakni dengan sertifikasi,” kata Wali Kota Jogjakarta Haryadi Suyuti seperti dilansir dari Antara di Jogjakarta, Selasa (30/3).

Menurut dia, seluruh aset berupa bidang tanah milik Pemerintah Kota Jogjakarta seharusnya sudah dilengkapi dengan sertifikat dan tidak boleh ada bidang tanah yang belum memiliki sertifikat. Dengan memiliki sertifikat, pemerintah daerah akan memiliki kekuatan dan alas hukum yang jelas saat akan memanfaatkan bidang tanah tersebut untuk kebutuhan pembangunan.

”Jika suatu saat ada tawaran kerja sama atau investasi, pemerintah daerah sudah memiliki gambaran mengenai lokasi yang layak. Terutama jika investor tersebut ingin bekerja sama dengan pemerintah daerah. Atau saat pemerintah daerah ingin menginvestasikan asetnya,” terang Haryadi.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!