Kementan Gelontorkan 195 Ton Cabai Rawit untuk Normalkan Harga di Jabodetabek

Kontributor: -10 views

Jakarta, (XNews.id) – Harga cabai rawit turun menjadi Rp 60 ribu per kilogram dari sebelumnya yang sempat menyentuh angka Rp 108 ribu per kilogram.

Hal ini diketahui berdasarkan pantaun yang dilakukan Kementerian Pertanian (Kementan) di Pasar Induk Kramat Jati dalam dua pekan belakangan. Penurunan harga cabai ini terjadi karena cabai yang ditanam pada akhir tahun 2020 sudah mulai panen saat ini.

Kementan pun mengalokasikan pengembangan kawasan cabai seluas 5.095 hektare yang sebagian besar tertanam pada akhir tahun 2020 kini mulai panen.

Ditambah dengan bantuan benih yang setara dengan target luasan 4.671 hektare dan sudah tertanam 906,4 hektare pada November 2020 hingga Januari 2021, dan terus ditanam sampai bulan Maret dan April tentu akan menambah luas panen di bulan ini hingga Juni mendatang.

Dirjen Hortikultura Prihasto Setyanto mengakui bahwa, Kementan baru saja menggelontorkan 30 truk atau sekitar 195 ton cabai ke empat pasar utama terdiri dari Pasar Induk Kramat Jati, Cibitung, Tanah Tinggi dan Cikopo untuk menghentikan kenaikan harga di Ibu kota.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!