Indonesia Ajukan Sebagai Pusat Vaksinasi Covid-19 Asia Tenggara

Kontributor: -6 views

JAKARTA (XNews.id) – Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa Indonesia telah mengajukan usul untuk menjadi pusat vaksin di Asia Tenggara. Ini dalam konteks kerja sama vaksin jangka panjang saat pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Tiongkok Wang Yi di WuYi, Provinsi Fujian.

“Ide ini masih di tahap awal, namun yang kita usulkan antara lain kerja sama penguatan riset pengembangan vaksin, pengembangan industri bahan baku, dan peningkatan kapasitas produksi vaksin nasional,” kata Menlu Retno dalam konferensi pers yang digelar dari Tiongkok pada Jumat (2/4) petang waktu Jakarta.

Menurut Menlu, ide tersebut menjadi bagian dari kerja sama vaksin yang dibahas dengan Menlu Wang Yi dalam kunjungannya ke Negeri Tirai Bambu. Keduanya membahas penguatan dalam kemitraan vaksin baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.

Menlu Retno mengatakan bahwa ide terkait kerja sama jangka panjang itu akan dibahas lebih lanjut, namun secara prinsip, Tiongkok telah menyatakan dukungannya terhadap inisiatif Indonesia itu.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!