Liku-Liku Merawat Patung Simbol Persahabatan Dua Negara Berumur 150 Tahun

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Petugas tidak bisa sembarangan mengusir karat yang banyak ditemukan di bagian bawah perut sampai kaki. Patung gajah ini dihadiahkan raja Thailand yang terkesan dengan sambutan saat berkunjung ke Batavia untuk belajar sistem pemerintahan Belanda.

Dengan sangat hati-hati, Lukman Ajiz menyikat bagian-bagian patung itu. Dia menggunakan sikat gigi meski patung tersebut terbuat dari perunggu. Ada beberapa jenis bahan kimia yang dipakai untuk membersihkan patung. Salah satunya adalah larutan seskuikarbonat.

Ada tiga sejawat lain yang membantu Lukman membersihkan patung gajah Museum Nasional Indonesia, Jakarta, pada Rabu siang itu (31/3). Menjelang tengah hari, Lukman bergantian turun dari tempat patung gajah itu berdiri: sebuah tugu bercat putih setinggi 267 sentimeter.

”Start kemarin (30/3) dengan melakukan pengecekan dulu,” katanya seperti dilansir  Jawa Pos yang menyaksikan langsung perawatan patung tersebut.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!