Naik Kapal, Penumpang Bisa Menggunakan Hasil Tes GeNose

Kontributor: -6 views

JAKARTA (XNews.id) – Pengguna kapal laut bakal semakin mudah saat bepergian. Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) baru saja membuat aturan anyar terkait syarat naik kapal. Sama dengan penumpang kereta dan pesawat, pengguna kapal kini bisa menggunakan hasil tes GeNose untuk bepergian.

Sebelumnya, hanya hasil rapid dan swab yang bisa dipakai untuk naik kapal. Kebijakan itu sempat menyusahkan penumpang. Sebab, biaya untuk rapid dan swab cukup mahal.

Koordinator KKP Kelas I Surabaya Wilayah Tanjung Perak dr Diah Tjahjana menjelaskan, GeNose sudah resmi dipakai penumpang kapal. Itu mengacu edaran dari Satgas Penanganan Covid-19. ’’Pemakaian GeNose di pelabuhan mulai 1 April,” kata Diah.

Meski sudah resmi bisa dipakai, lanjut Diah, belum ada layanan pemeriksaan di pelabuhan. Dengan begitu, penumpang bisa menjalani tes GeNose di mana pun. ’’Intinya, hasilnya negatif. Jadi, tes bisa dilakukan di mana pun,” tambah Diah.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!