Hasilnya Manjakan Petani, Malang Kembangkan Jeruk Siam Hantang

Kontributor: -14 views

Malang, (XNews.id) Kabupaten Malang, Jawa Timur menyimpan potensi untuk pengembangan jeruk. Salah satu jenis jeruk yang kini tengah jadi sorotan masyarakat dengan rasanya yang manis dan warnanya yang cerah, adalah varietas Siam Hantang di kebun milik Petani Milenial di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang

“Ini buah sudah 4 kali panen dalam setahun . Usianya 5 tahun 3 bulan. Jika perdana memang masih terasa asam, namun pada panen berikutnya kurang lebih 2 minggu, usia akan semakin manis. Untuk hasil maksimal adalah tahun depan,” ujar Nanda Direktur JertanMus integrated farming sistem Indonesia (JIFSI).

Nanda, panggilan akrabnya, menyebutkan terdapat 48 ribu batang benih yang siap diedarkan dengan luasan kawasan 50 ha. Meskipun tanaman ini tergolong manja dalam budidaya, namun hasilnya juga mampu memanjakan petani karena produktivitasnya tinggi.

“Kami sarankan juga petani untuk menggunakan pupuk organik yang diproduksi sendiri semisal pupuk kandang. Kami pun bekerja sama dengan Balitjestro Batu, Malang akan membantu memfasilitasi para petani yang berminat menanam jeruk,” papar Nanda.

Sementara itu KA Balitjestro Batu Dr Harwanto menjelaskan, untuk luasan tanaman jeruk Indonesia saat ini mencapai 57 ribu ha dengan produksi 2,5 juta ton. Jumlah tersebut masih perlu ditingkatkan lagi.

Guna memenuhi kebutuhan dalam negeri, hitungan Balitjestro luasan penanaman jeruk masih kurang sekitar 4 ribu ha lagi. Dengan demikian menurut Harwanto, perlu terus dilakukan perluasan tanaman.

“Salah satu daerah yang berpotensi adalah Kabupaten Malang ini di mana petani milenial yang berada di Kecamatan Ngantang sudah m engembangkan seluas 50 hektar. Lokasinya disini cocok untuk pengembangan jeruk,” ujarnya saat berkunjung bersama jajaranya. Jenis tanaman yang cocok dikembangkan di Kec
antara lain varietas Siam , Keprok RGL dan Lemon Kalifornia.

Plt Ketua DPRD Kabupaten Malang Sodiqul Amin, budidaya jeruk ini bisa menjadi contoh agar petani juga bisa ikut mengembangkan jeruk.

“Petani tidak perlu khawatir karena semua kebutuhan mulai dari benih, pendampingan hingga pemasaran akan dibantu oleh JIFSI” ujarnya.

(Ardy)

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!