CAPACITY BUILDING SANTRI MANDIRI 5.0, KIPRAH BANK INDONESIA JEMBER DALAM MEMBANGUN KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN

oleh -82 Dilihat

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jember bekerjasama dengan Halal Center Bahrul Maghfiroh, menyelenggarakan Capacity Building 5-8 April 2021 di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu Malang. Peserta berasal dari perwakilan pondok pesantren di Jember yang selama ini telah memiliki beberapa unit usaha. Sebanyak 26 santri milenial hadir dan mengikuti pelatihan kewirausahaan yg disampaikan para praktisi bisnis. Peserta diharapkan bukan hanya menguasai ilmu agama tapi mulai mengenal spirit entrepreneurship.

Era 5.0 bukan hanya sekedar masuk dunia digital, tapi melibatkan kekuatan society. Pondok pesantren sebagai society pasti punya pengalaman panjang dan terbiasa mengambil peran. Para santri diharapkan percaya diri dan segera membekali diri untuk menyambut era digital 5.0, sehingga mampu bersaing dan mengembangkan ekonomi pesantren.

Ekosistem halal dan implementasi ekonomi syariah menjadi tema utama yg disampaikan lansung oleh Prof Mohammad Bisri, MS, mantan rektor Universitas Brawijaya yang sekarang fokus mengelola Pondok Pesantren Bahrul Maghfiroh Malang.

Untuk menjawab tantangan sekarang, Prof Bisri, sapaan akrabnya mengatakan, santri milenial harus memiliki kemampuan utama. Seperti, kemampuan manajerial, organisasi, menulis atau jurnalistik, dan berbicara atau public speaking yang baik.