Porsi Kredit UMKM Ditingkatkan 30 Persen, Pengamat: Turunkan juga Suku Bunga KUR

Kontributor: -13 views

JAKARTA, (Xnews.id) – Presiden Jokowi meminta porsi kredit UMKM ditingkatkan menjadi 30 persen dan Plafon KUR  tanpa jaminan menjadi Rp100 juta.

Namun langkah tersebut perlu dibarengi dengan penurunan suku bunga untuk UMKM dari perbankan BUMN dan sejumlah relaksasi administrasi kredit lainnya.

Demikian disampaikan oleh Achmad Nur Hidayat, Pakar Kebijakan Publik Narasi Institute dalam keterangannya tertulisnya.

“Keinginan Presiden tersebut adalah berita gembira bagi UMKM Indonesia, namun hal tersebut tidak cukup untuk memacu geliat UMKM ditengah Pandemi COVID-19”, papar  Hidayat

Hidayat melihat program stimulus UMKM dari pemerintah masih parsial karena persoalan melesunya kredit UMKM bukan perbankan tidak punya likuid kredit namun karena para pelaku UMKM takut tidak mampu bayar kreditnya ditengah suku bunga UMKM masih terbilang tinggi.

“Suku Bunga KUR 6 persen efektif pertahun masih terbilang tinggi ditengah suku bunga kebijakan BI7DR sudah turun di level 3,5 persen”.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!