Didampingi Kementan-Mitra, Luas Tambah Tanam Jateng Surplus Serap Gabah Capai 291.741 ton

Kontributor: -5 views

Semarang, (xnews.id) – Kementerian Pertanian  melalui Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani (GSGP) bersama Perum Bulog dan Persatuan Kostraling telah membuat kesepakatan kesanggupan menyerap gabah dan beras Provinsi Jawa Tengah. Gabah sisa panen Maret April dan Mei 2021 diserap Bulog dengan harga yang wajar bagi petani.

Penanggung jawab GSPG Provinsi Jawa Tengah Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementan yang juga Kepala Balai Besar Pengujian Mutu Benih Tanaman Pangan Hortikultura, Warjito mengutarakan agar Bulog dapat menyerap panen untuk mengisi cadangan pangan pemerintah dan membantu petani dalam menstabilkan harga gabah saat panen raya, melalui mitra Bulog.

Hal inipun diatur secara serius dengan surat Menteri Pertanian Nomor 28/TP.100/M/03/2021 untuk serap gabah petani saat panen raya padi agar harga gabah/beras petani tidak anjlok.

“Setelah kesepakatan Mitra Bulog diharapkan sudah mulai bergerak menyerap gabah sesuai ketentuan. Selain itu Agar Poktan/Gapoktan memaksimalkan bantuan pemerintah, seperti dryer untuk meningkatkan kualitas gabah,” kata Warjito dalam acara Rakor Evaluasi Luas Tambah Tanam dan Serapan Gabah di Semarang pada tanggal 1 April 2021.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!