Sri Mulyani Sebut 170 Negara Alami Kontraksi Ekonomi Akibat Covid-19

Kontributor: -6 views

JAKARTA (XNews.id) – Wabah Covid-19 telah membuat hampir seluruh negara di dunia terganggu perekonomiannya. Virus mematikan tersebut menyerang tak pandang bulu, bahkan negara maju seperti Amerika Serikat (AS) pun memasuki jurang resesi.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut, terpuruknya kondisi perekonomian yang disebabkan oleh krisis kesehatan merupakan yang terparah sejak 150 tahun terakhir. Hal itu karena semua negara terpaksa mengambil kebijakan yang bukan hanya mengatasi masalah kesehatan, tapi juga ekonomi dan sosial warga negaranya.

“Covid-19 ini memaksa dan membuat semua negara harus memformulasikan kebijakan, tidak hanya di ekonomi tapi di kesehatan dan sosial,” ujarnya secara virtual, Selasa (6/4).

Indonesia sendiri, lanjutnya, juga melakukan kebijakan yang luar biasa dalam penanganan dampak pandemi. Berbagai kebijakan pembatasan seperti Pembatasan Sosial berskala Besar (PSBB) telah menyebabkan ekonomi nasional kontraksi 5,32 persen pada kuartal II. Ini terbesar sejak krisis keuangan 1997-1998.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!