JIFSI , Bukan Sekedar Jeruk Makan Jeruk

Kontributor: -73 views

Oleh ; Erik Tamalagi

Stafsus ; Kementrian Pertanian RI

Pernah dengar jeruk tanpa musim ? Itu artinya panen tanpa tergantung musim, tidak seperti yang selama ini terjadi jika menanam jeruk kita panen hanya dua kali setahun.

Saya pernah sekilas membaca tentang hal ini, tapi siang tadi (6/4) saya bersyukur bertemu dengan para pelakunya. Bukanhanya bertemu, tapi juga mendapat buah tangan yang dibawa langsung dari tempat mereka Desa Ngantru Kecamatan Ngantam, Kabupaten Malang Provinsi Jawa Timur.

Kera Ngalam (sebutan buat arek arek Malang) ini menamakan gerakan mereka Jertamus Integretad Farming System Indonesia disingkat JIFSI. Jertamus sendiri merupakan singkatan dari Jeruk Tanpa Musim.

Pimpinan dari JIFSI bukanlah osli pemerhati pertanian, tapi lulusan salah satu sekolah tinggi di Bandung. Namanya Nanda Budi Prayoga.

Konsep yang dilakukan Nanda bersama kawan kawannya adalah konsep pertanian terpadu dengan budidaya jenis tanaman jeruk tanpa musim dengan dua varietas antara lain, Siam Madu, dan RGL, tidak cukup dengan budidaya jeruk, mereka juga menerapkan pertanian tumpang sari : ada bawang merah, cabai, jahe, dan tomat. Lahan yang mereka garap 30 hektar milik JIFSI dan 20 hektare milik binaanya, jadi sudah ada 50 hektare, bahkan ahir ahir ini ramai di media lokal dan JIFSI terus berkembang selama lima tahun terakhir.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!