Realme 8 Series Baru, Smartphone Realme Paling Pas di Kelas Menengah

Kontributor: -12 views

JAKARTA (XNews.id) – Realme, merek smartphone Tiongkok yang terbilang baru di Indonesia kembali membuat gebrakan dengan merilis ponsel seri angka terbarunya. Ditempatkan di segmen kelas menengah, yang dihadirkan adalah Realme 8 dan Realme 8 Pro. Masing-masing membawa keunggulan yang tak bisa ditolak konsumen, salah satunya adalah fitur fotografi 108 MP di rentang harga terjangkau.

Selain keunggulan fitur kamera, Realme 8 dan Realme 8 Pro juga menghadirkan keunggulan lainnya yang tak kalah menarik adalah hadirnya layar AMOLED yang lagi-lagi merupakan terobosan di kelas terjangkau. Ini pada akhirnya membuat konsumen dari kalangan manapun bisa menikmati perangkat dengan kebutuhan visual yang memukau tanpa risau urusan harga.

Untuk Realme 8 Series sendiri kami kebagian model Realme 8 reguler. Kendati tak membawa keunggulan kamera 108 MP, tetap banyak hal menarik di Realme 8 biasa dengan jargon “Capture Infinity” yang tentunya juga bakal memikat konsumen, berikut review dan ulasan Realme 8

Boks Penjualan Realme 8

Seperti biasa di paket penjualan perangkat smartphone Realme masih sama seperti paket penjualan sebelumnya misalnya di seri terdahulu Realme 7 Series. Realme 8 ataupun Realme 8 Pro dari segi kelengkapan penjualan masih hadir dengan paket yang boleh kami katakan lengkap meski tetap ada beberapa hal yang kurang. Seperti halnya smartphone Realme terdahulu, kekurangan seperti tak adanya earphone tetap ada di paket penjualan Realme 8 ini.

Boks penjualan Realme 8 Series masih hadir dengan warna kuning cerah. Entah mengapa, Realme masih betah mengenakan kemasan dengan bentuk dan warna seperti ini selama bertahun-tahun.

Di dalam kotak penjualannya terdapat satu buah charger 5V/6A, kabel USB Type-C, booklet panduan termasuk kartu garansi, SIM card tool ejector, screen protect film yang langsung terpasang di perangkat, dan satu buah Jelly Case. Seperti biasa, hadirnya aksesori Jelly Case ini untuk melindungi casing belakang dan bisa dibilang sebagai pengganti atas absennya earphone pada paket penjualan.

Dari sisi ini, kesan kami masih sama seperti saat mengulas banyak perangkat Realme terdahulu. Belum ada perubahan berarti namun tetap tidak berpengaruh terhadap konsumen saat membeli perangkat ini. Hadirnya aksesori Jelly Case dan pelindung layar tambahan yang sudah terpasang tetap menjadi nilai tambah bagi Realme.

Desain dan Layar Realme 8

Desain dan layar, Realme 8 dengan highlight “Infinite Bold Design yang Futuristic” seperti klaimnya tentu harus membawa desain yang kekinian, beda namun tetap menarik dan punya daya pikat sendiri. Realme 8 hadir dengan pilihan warna: Cyber Silver (silver) dan Cyber Black (hitam) yang membuat kami terpana di awal melihat perangkat ini.

Hal pertama yang dipikirkan banyak orang ketika mereka melihat desain Realme 8 mungkin akan sama seperti yang kami pikirkan yakni kesan modern dan futuristik. Realme menyebut ini pertama kalinya bagi mereka memperkenalkan desain yang terinspirasi dari dunia digital ke produk smartphone.

Bagian desain smartphone ini tampak futuristik. Unit yang kami dapat kebetulan berwarna silver. Warna yang disajikan mengkilap, bak pantulan cermin namun tak berlebihan atau norak berkat adanya sentuhan pola-pola halus casingnya. Yang paling menonjol, di area belakang ada tulisan “Dare To Leap” yang menjadi identitas tersendiri bagi Realme dan menjadi penanda bahwa mereka dan penggunanya siap melampaui siapapun.

Di bagian lain, ada juga logo Realme. Yang paling kami suka pada desain bagian belakang smartphone ini selain warnanya adalah penempatan empat buah kamera di bagian tepi atas yang menurut kami memiliki detail yang baik. Empat buah lensa ditumpuk dengan konfigurasi 2 + 2 lengkap dengan LED Flash yang menyiratkan perangkat ini tak kalah andal di fitur fotografi seperti halnya Realme 8 Pro.

Identitas lainnya di area kamera adalah adanya tulisan “64 MP Quad Camera” yang menjadi penanda bahwa salah satu dari empat buah lensa kamera Realme 8 ini memiliki ukuran besar 64 MP. Dengan desain mengkilap nan futuristik ini, pengguna tak perlu takut perangkatnya rusak tergores atau kotor karena sudah dibekali dengan aksesori Jelly Case pada paket penjualannya.

Bicara dimensi, Realme 8 hadir dengan hitung-hitungan teknis 160,6 x 73,9 x 7,99 dengan berat keseluruhan hanya 177 gram. Dengan ukuran tersebut, ini menjadi perangkat pertama Realme yang sepanjang pengujian kami memiliki faktor bentuk yang paling nyaman digenggam. Tipis, tidak terlalu tinggi, tidak terlalu lebar dan tidak berat seperti pendahulunya dengan bobot 182 gram. Sangat pas digenggaman.

Pada sisi kiri, Realme 8 terdapat slot SIM-Card dan MicroSD yang bisa ditampung semua dalam satu laci. Selain area penyimpanan kartu SIM dan memori eksternal, area sisi kiri polos. Tombol volume ‘Up-Down’ serta tombol power diletakkan di sisi kanan. Berada di bagian bawah ada barisan elemen penting lainnya seperti slot USB Type-C, microphone, jack headphone, dan tak lupa lubang speaker sebagai pengeras suara.

Realme 8 dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci (2.400 x 1.080 piksel Full HD Plus) yang memungkinkan tampilan lebih cerah dan lebih tajam. Berkat layar Super AMOLED-nya, Realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display, sehingga Anda dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Pada saat yang sama, layar Super AMOLED juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya yang dapat dibuka dengan cepat.

Dibandingkan dengan membuka kunci tombol, penempatan dalam tampilan terasa lebih alami dan menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan efisien. Pada bagian depan tidak ada tombol fisik. Fungsi tombol Home dan Back tersedia menyatu dalam layar sebagai tombol virtual bersama sistem operasi Realme UI 2.0 Berbasis Android 11. Terakhir, pada sisi layar, Realme 8 juga semakin menarik lantaran hadir dengan konsep punch hole display kekinian untuk rumah dari kamera selfie 16 MP In-display Selfie Camera dengan sensor Sony IMX471.

Pada aspek ini kualitas layar Super AMOLED siapa yang tak tahu. Layar jenis ini siapapun pasti tahu kalau AMOLED selalu bisa tampil baik dalam berbagai kondisi bahkan dalam penggunaan bekerja harian di bawah terpaan sinar matahari langsung sekalipun. Layarnya juga responsif ditambah dengan pengalaman sentuh yang sangat halus dan tingkat kecerahan maksimum hingga 1.000 nits dan Touch Sampling Rate mencapai 180 Hz.

Di sisi desain dan layarnya, Realme 8 menjadi salah satu alasan perangkat ini “paling pas” di segmen terjangkau. Eits, tapi belum rampung. Kita lanjut ke sisi performa dan tentunya kualitas fotografinya.

Performa Realme 8

Realme 8 di sisi performa dan dapur pacunya mengadopsi prosesor gaming MediaTek Helio G95. Seperti sudah pernah kami ulas sebelumnya, chipset MediaTek Helio G95 dirancang secara eksklusif untuk menjadi inti dari pengalaman gaming smartphone yang luar biasa namun di kelas harga yang terjangkau.

Berbicara teknis, prosesor ini dibuat dengan menggunakan proses fabrikasi 12 nm. Hal tersebut membuat chipset ini dan perangkat yang menggunakannya lebih bertenaga dan efisien. G95 juga dilengkapi dengan dua core Cortex-A76 berkinerja tinggi hingga 2.05 GHz dan enam core Cortex-A55 efisiensi tinggi hingga 2GHz, bersama dengan 900MHz Mali-G76GPU.

Dengan kombinasi terbaru dari CPU, GPU, RAM super cepat, dan AI yang kuat, Realme 8 harusnya mampu menghadirkan pengalaman yang mulus bagi pecinta mobile game, mari kita buktikan. Untuk performa selain menggunakannya sehari-hari, seperti biasa menyimulasikan dalam uji benchmark.

Untuk hasil simulasi menggunakan aplikasi populer menggunakan PC Mark (Work 2.0 Performance), Realme 8 berhasil membukukan skor sebesar 9824, jauh lebih besar dari pendahulunya yakni Realme 7 Series yang bahkan varian Pro-nya hanya mampu membukukan skor sebesar 7942.

Sementara untuk simulasi lainnya menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Realme 8 berhasil membukukan skor sebesar 340196 dan lagi-lagi lebih besar dari Realme 7 Pro dengan skor 289840 saja. Angka-angka benchmark tersebut berdasarkan pengalaman kami terbilang besar dan berada di atas rata-rata angka benchmark smartphone sejenis di segmen harga yang sama.

Buat main game? Tentu perangkat ini tak diragukan keandalannya. Kami jajal dengan memainkan game Call of Duty: Mobile, perangkat ini langsung menawarkan settingan grafis dan frame rate di mode ‘High’ dan bahkan masih bisa ditingkatkan ke mode sangat tinggi dan maksimum. Dengan pembuktian tersebut, perangkat ini mampu memainkan jenis game lainnya yang bahkan lebih ringan.

Untuk penyimpanannya, Realme 8 hadir hanya dengan penyimpanan tunggal RAM/ROM 8/128 GB. Belum cukup luas? Tenang, ada slot MicroSD yang bisa menambah kapasitas ruang simpan hingga 256 GB.

Masih di sisi performa, Realme 8 semakin menarik di segmen menengah juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin cairan tembaga yang canggih. Realme mengklaim, dibandingkan dengan sistem pendingin serat karbon generasi sebelumnya, efisiensi pendinginan meningkat 14,4 persen, sehingga kinerja smartphone tetap cepat dengan suhu terjaga terlebih saat diajak bekerja keras mengolah grafis game berat.

Belum rampung keunggulan Realme 8 di segmen menengah. Handset ini semakin kekinian dan multifungsi adalah berkat kehadiran fitur NFC atau Near Field Communication. NFC yang ada pada Realme 8 dan Realme 8 Pro bahkan memungkinkan pengguna untuk terkoneksi dengan speaker Bluetooth dan aksesori lain yang mendukung.

Pengguaan NFC juga dapat dimaksimalkan untuk mengecek dan mengisi saldo uang elektronik Anda menggunakan aplikasi pihak ketiga yang mendukung. Buat kalangan muda yang sudah semakin “cash-less”, fitur NFC ini tentu sangat berguna buat berbagai transaksi keuangan modern tanpa uang cash.

Fitur Keamanan dan Baterai Realme 8

Keunggulan lain Realme 8 Series termasuk Realme 8 adalah sektor baterainya. Dengan 30 Watt Dart Charge yang ditingkatkan, baterai 5000 mAh di perangkat ini dapat diisi hingga 100 persen dalam 65 menit. Dan hanya dalam 26 menit, smartphone dapat mengisi hampir 50 persen. Realme 8 juga mendukung pengisian daya 15 Watt PD, membuatnya lebih serbaguna.

Algoritma pengisian daya yang dikembangkan untuk realme 8 mencakup lima lapisan perlindungan keamanan dan memberikan perlindungan keamanan tingkat perangkat keras untuk seluruh proses pengisian daya. Selain itu, seperti biasa handset Realme juga hadir dengan berbagai fitur manajemen baterai yang bisa dipilih pengguna.

Sementara untuk keamanannya, Realme 8 masih hadir dengan fitur yang lengkap. Sebut saja fitur face unlock dan fitur keamanan biometrik seperti fingerprint scanner hadir pada perangkat ini. Sistem keamanan tersebut merupakan pelengkap dari yang sudah ada seperti nomor sandi dan pola.

Fitur face unlock-nya juga cepat dibandingkan dengan metode unlock lainnya yang semakin mantap dengan layar Super AMOLED yang memungkinkan layar selalu hidup dengan fitur Always On. Sementara fingerprint-nya yang berada di balik layar juga multifungsi dan dapat membuka Realme 8 dengan sangat cepat.

Fitur-fitur keamanan tersebut tak hanya bisa digunakan mengunci layar smartphone.Fitur keamanan itu juga bisa digunakan untuk mengunci aplikasi dan menjadi brankas pribadi untuk melindungi files yang ada di dalamya. Ini termasuk pula yang kami suka. Dengan fitur keamanan demikian, smartphone ini bisa dikontrol penggunaannya bila mana user memiliki anak kecil yang aktif dengan smartphone. Penggunaan bisa dibatasi dengan mengunci aplikasi.

Kamera Realme 8

Realme 8 menjadi smartphone number series terbaru dari Realme yang membawa trendsetting technology terbaru melalui kemampuan kamera nya dan trendsetting design terbaru melalui desain yang lebih berani, fresh, unik dan pastinya lebih tipis. Realme 8 membawa kamera beresolusi kamera 64 MP dengan berbagai peningkatan di mode foto dan video, memberikan anak muda kebebasan bereksporasi yang tanpa batas melalui kamera.

Paduan antara 64 MP AI Quad Camera dan Infinite Bold Design, Realme 8 sebagai smartphone paling stylish dengan performa terbaik di kelas menengah. Sektor kamera tetap menjadi fokus pada realme 8 yang sudah ditingkatkan dengan fitur kamera seperti Tilt-Shift Mode, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, Neon Portrait dan Dual-view Video.

Realme 8 membanggakan pengaturan kamera quad yang sangat jelas dan dapat menjadi andalan, terdiri dari kamera utama 64 MP, sudut ultra lebar 8MP 119 derajat, dan lensa makro dan lensa potret monokrom yang masing-masing berkekuatan 2 MP membuat handset ini jadi paket lengkap di kelasnya.

Sementara seperti sudah disinggung di atas, kamera selfie Realme 8 hadir dengan ukuran 16 MP. Kamera depannya membawa fitur perekaman video slow motion 120 fps di 1080 piksel dan juga teknologi stabilisasi gambar UIS. Di belakang juga sama lengkapnya, ada fitur pengambilan gambar Stabilisasi Video UIS, Stabilisasi Video UIS Max, Video Sudut Ultra Lebar, Mode Sinema, Perekaman video 4K di 30 fps dan Perekaman video slow motion di 1080 piksel 120 fps dan 720 piksel 240 fps.Soal kualitas? Dari aspek kamera, selain memang angka-angka MP di kameranya terbilang menggiurkan, hasil yang dibawa perangkat Realme juga konsisten dari segi kualitas. Gambar-gambar yang dihasilkan semuanya masih sama apik dalam berbagai pilihan penggunaan oleh siempunya perangkat. Kamera, Realme 8 masih top.

Kesimpulan

Pengalaman menggunakan smartphone Realme 8 kami sangat puas. Kepuasan mencakup banyak aspek mulai dari performa, desain dan tentunya kualitas dan fitur-fitur kamera foto dan video yang melimpah. Tak heran handset ini diberi jargon “Capture Infinity” atau menangkap momen tanpa batas.

Secara keseluruhan, sebagai perangkat di segmen menengah, Realme 8 ini memang paling pas dipilih konsumen yang mendambakan perangkat dengan banyak keunggulan dalam satu waktu. Desain, performa, kamera dan daya baterainya menggoda.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!