Menanti Tupoksi Kementerian Investasi

Kontributor: -13 views

PROPOSAL pemerintah perihal pembentukan dua kementerian baru sudah memperoleh lampu hijau dari parlemen. Nomenklatur keduanya pun sudah ditetapkan.

Tidak lama lagi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (peleburan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional) akan diresmikan bersamaan dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

Kasus kementerian yang disebut pertama bisa dibilang ”kemunduran”. Kementerian baru tersebut pernah dikukuhkan pada masa pemerintahan Jokowi jilid I. Entah mengapa, pada era Jokowi jilid II, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi dipisah lagi untuk kemudian dilebur kembali.

Kemiripan cerita juga terjadi pada Kementerian Investasi/BKPM. Pada rezim Orde Baru, BKPM pernah bermetamorfosis menjadi Kementerian Penggerak Dana Investasi. Alih-alih berstatus departemen, Kementerian Negara Penggerak Dana Investasi ketika itu tidak memiliki jangkauan yang luas.

Menaikkan status dari badan negara menjadi kementerian memang menjadi salah satu opsi guna menguatkan kapasitas kelembagaan. Sebuah kementerian niscaya memiliki mesin birokrasi –dengan struktur mata rantainya yang panjang– yang bisa digerakkan untuk mendukung sasaran.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!