LaNyalla: Kedaulatan NKRI Harus Dijaga

Kontributor: -20 views
Ketua DPD RI LaNyalla M Mattalitti (Foto : Istimewa)

Jakarta, (XNews.id) – Latihan gabungan penanganan pesawat ilegal di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, mendapat perhatian dari Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti. Menurutnya, latihan ini sangat penting untuk menjaga kedaulatan wilayah NKRI.

Bagi Senator asal Jawa Timur itu, kedaulatan negara merupakan pertaruhan harga diri bangsa.

“Oleh karena itu, kedaulatan negara harus ditegakkan dan dijaga, baik darat, laut dan udara. Tidak boleh ada satu pesawat atau asing melewati batas udara atau laut kita tanpa izin. Kejadian di laut saat kapal asing masuk wilayah Indonesia tidak boleh terulang lagi,” katanya tegas, Jumat (11/6/2021).

LaNyalla menjelaskan, simulasi penanganan pesawat asing setelah pemaksaan mendarat atau force down landing di Lanud Sultan Hasanuddin, harus juga melibatkan stakeholder terkait.

“Harus terjadi kesepakatan bersama, atau standar penanganan, dari rentetan tindakan force down terhadap pesawat asing. Agar instansi terkait tidak gagap atau terjadi miss komunikasi karena ketidak tahuan penanganan lanjutan,” tuturnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!