Peneliti: Pemulihan Ekonomi Tergantung Kebijakan Pengendalian Pandemi

Kontributor: -10 views

JAKARTA, (Xnews.id) – Pemulihan ekonomi Indonesia yang terkontraksi sangat tergantung kepada kebijakan pengendalian Covid-19 yang dijalankan pemerintah dan karenanya, meningkatnya angka kasus positif Coronavirus di banyak wilayah di Indonesia belakangan ini seharusnya mendorong pemerintah untuk lebih fokus dalam meningkatkan efektivitas kebijakan pengendalian pandemi yang sudah ada.

“Sudah bukan saatnya pemerintah memilih antara kebijakan ekonomi atau kebijakan pengendalian kasus Covid-19. Pemulihan ekonomi tidak akan terjadi jika pandemi tidak tertangani dengan maksimal. Untuk itu sebaiknya pemerintah pusat dan daerah berfokus pada tiga proses utama yaitu menggenjot vaksinasi, sosialisasi kebijakan pembatasan dan implementasi penegakkan aturan yang tegas,” ungkap Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Pingkan Audrine Kosijungan.

Pembatasan kegiatan dan mobilitas masyarakat memang sangat diperlukan pada situasi kritis seperti ini. Disamping jumlah kasus yang terus meningkat, kapasitas rumah sakit dan tenaga kesehatan berada di ambang kelumpuhan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!