Pertumbuhan Ekonomi 2021 Belum Sesuai Harapan

Kontributor: -17 views
ekonomi

Achmad Nur Hidayat, Pakar Kebijakan Publik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ), mengatakan pertumbuhan ekonomi 2021 akan positif namun tidak sesuai harapan pemerintah yaitu 4.1 sd 5.1 persen karena kebijakan PPKM Darurat yang praktik dilapangan sangat lemah.

‚ÄúPertumbuhan ekonomi 2021 bisa positif di angka 2 sampai 3 persen bisa tercapai karena dorongan ekspor dan harga komoditas yang membaik namun bila varian delta dan varian baru tidak terkendali lagi maka ekonomi bisa negatif 1-2 persen, ” ujar Achmad Nur Hidayat yang juga pendiri Narasi Institute.

Achmad Nur Hidayat mengingatkan bahwa Indonesia harus belajar dari varian delta sebaik-baiknya karena varian lain besar kemungkinannya akan muncul di tahun-tahun kedepan sehingga kita butuh institusionalisasi kelembagaan penanganan Covid-19 yang lebih permanen.

‚ÄúPelajaran dari varian delta ini adalah vaksin yang ada saat ini tidak dapat sepenuhnya dapat diandalkan oleh karena itu diperlukan pendekatan lain selain vaksin yang diorkestrasi oleh institusionalisasi kelembagaan penanganan Covid-19 yang lebih permanen bukan seperti saat ini ada BNPB, KCPEN, Gugus Tugas Covid-19 yang penanggungjawabnya berubah-berubah,” pungkasnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!