Meningkatkan Akses ke Alat Kesehatan dan Obat-obatan Kunci Mengakhiri TB

Kontributor: -8 views

Jakarta, (Xnews.id) – Dengan akses alat kesehatan, pengobatan, dan vaksin COVID-19 yang mendominasi perbincangan kesehatan di seluruh dunia, mudah untuk melupakan bahwa akses ke alat kesehatan dan pengobatan untuk penyakit menular lainnya, seperti tuberkulosis (TB), masih sangat kurang.

TB telah ada selama berabad-abad dan membunuh 1,4 juta orang pada tahun 2019 saja, menjadikannya salah satu dari 10 penyebab kematian teratas di seluruh dunia dari agen infeksi tunggal. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa 10 juta orang secara global jatuh sakit dengan TB pada tahun 2019. Ini adalah penyakit yang sangat dapat disembuhkan. Namun, akses yang buruk ke diagnostik dan obat-obatan telah membuat sulit untuk memenangkan perjuangan dalam menghilangkan TB.

Dalam webinar yang diselenggarakan oleh Doctors Without Borders/Médecins Sans Frontières, manajer proyek AIDS Access Foundation Chalermsak Kittitrakul mengatakan kurangnya akses ke pengobatan TB bukan hanya masalah yang dihadapi oleh negara-negara berpenghasilan menengah dan rendah, karena harga obat yang tinggi berarti bahkan negara-negara kaya tidak dapat menyediakan akses pengobatan TB untuk semua rakyatnya.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!