Meningkatkan Akses ke Alat Kesehatan dan Obat-obatan Kunci Mengakhiri TB

Kontributor: -10 views

Paran Sarimita Winarni dari Koalisi Gerakan Pemuda Indonesia Melawan TB sependapat dengan Dr. Marve dan menambahkan bahwa keengganan untuk didiagnosis makin meningkat selama pandemi karena lebih banyak orang takut untuk melakukan skrining ketika mereka memiliki gejala TB, yang mirip dengan gejala COVID-19.

Pandemi juga membuat pasien TB takut berobat ke fasilitas kesehatan atau pemeriksaan rutin. “Kami melihat ketakutan di Indonesia, di mana fasilitas kesehatan TB yang resistan terhadap obat juga melakukan perawatan COVID-19,”ujarnya.

Dr. Marve mengatakan beberapa cara untuk mengadaptasi pengobatan TB selama pandemi adalah dengan membuat pedoman khusus, yang mencakup penerapan manajemen pengobatan yang fleksibel dan penyediaan obat anti-TB melalui teknologi kepatuhan digital dan penggunaan konsultasi telepon alih-alih tatap muka; serta mengoptimalkan sumber daya dan waktu dengan melakukan skrining COVID-19 dan TB secara simultan.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!