Tingkatkan Kesuburan Tanah, BPPSDMP – BBPP Batu Manfaatkan Populasi Ternah Sebagai Bahan Dasar Pupuk Organik

Kontributor: -26 views

Ngawi, (Xnews.id) Akhir-akhir ini sering mendengar kecenderungan harga pupuk kimia meningkat dan mengalami kelangkaan, hal ini berimplikasi pada biaya produksi yang harus dikeluarkan petani semakin meningkat, sehingga menimbulkan kesulitan tersendiri bagi petani untuk memperoleh pendapat yang layak bila biaya produksi tinggi, sementara harga jual produk yang dihasilkan sering fluktuatif.

Padahal tanpa kita sadari penggunaan pupuk kimia secara terus tanpa diimbangan dengan penggunaan pupuk organik akan memberikan efek yang ditimbulkan oleh sisa-sisa bahan ikutan pupuk kimia tersebut yang menyebabkan pencemaran bagi tanah. Sedangkan tuntutan pasar mendorong produsen untuk mulai mengembangkan pertanian organik, disamping munculnya berbagai sertifikasi produksi yang bebas bahan kimia atau lebih trentnya produk pertanian organik.

Kabupaten Ngawi yang memiliki populasi ternak sapi sebanyak 8000 ekor. Usaha teaarnak yang di usahakan akan menghasilkan produk utama seperti daging, akan tetapi disamping produk utama ternak juga menghasilkan produk sampingan yang berupa limbah ternak, baik limbah padat maupun cair atau yang lebih dikenal kotoran/ feses.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!