Konflik di LCS: Bakamla RI harus menjadi Koordinator Keamanan Maritim di ASEAN

Kontributor: -74 views

oleh: Muhammad Sutisna (Kandidat Magister Universitas Indonesia dan Founder Forum Intelektual Muda)

Jakarta, (XNews.id) – Ketegangan China Vs Amerika Serikat di Laut China Selatan semakin meruncing. Setelah kerap melakukan latihan bersama dengan negara lain di kawasan ini, Amerika Serikat terus melakukan berbagai macam manuver. Yang terbaru adalah kunjungan Kamala Haris di ASEAN beberapa waktu lalu menegaskan mengenai posisi AS yang sangat serius di kawasan ini. Bahkan dalam sambutannya di Singapore, Wapres AS menuduh China telah memaksa dan mengintimidasi untuk mendukung klaim yang tak berdasar hukum di Laut China Selatan.

Lantas pernyataan Kamala Haris, sontak langsung mendapatkan respon keras dari Beijing melalui Jubir Menteri luar negerinya, menurutnya justru AS lah yang kerap menindas dan merasa paling benar dengan aturannya sendiri. Sehingga AS lah yang sebenarnya menjadi trouble maker dalam setiap dinamika global saat ini.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!