Forkopimda Jatim Dampingi Kunjungan Kerja Wapres

oleh -85 Dilihat

Surabaya, (XNews.id) – Forkompimda Jawa Timur mendampingi kunjungan kerja Wakil Presiden RI K.H. Ma’ruf Amin di wilayah Jawa Timur, Kamis (30/9/2021).

Turut hadir Agus Gumiwang, dan Menteri Koperasi UKM Teten Masduki. Kunjunvan kerja Wapres kr Jatim dalam rangka memperbaiki dan meningkatkan perokonomian di wilayah Jawa Timur selama masa pandemi covid-19. Selain Gubernur Jatim dan Kapolda Jatim, turut mendampingi Pangdam V/Brawijaya, Pangkoarmada II, serta Kabinda Jatim.

Kunjungan kerja Wapres di Jawa Timur diawali dengan rapat kerja bersama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa serta Bupati Probolinggo, Bupati Bojonegoro, Bupati Lamongan, Bupati Bangkalan dan Bupati Sumenep, yang daerahnya telah ditetapkan sebagai wilayah prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem di Provinsi Jawa Timur di tahun 2021.

Dalam sambutannya, Wapres mengapresiasi inisiatif dari Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di Jawa Timur dalam upaya menanggulangi kemiskinan yang telah dilakukan selama ini. Terutama beberapa program-program yang telah dilaksanakan seperti Program Jatim Puspa, Pemberdayaan BumDes, Desa Berdaya, PKH Plus dan lainnya.

Namun demikian, Wapres mengingatkan bahwa tetap diperlukan kerja ekstra keras untuk memastikan pengentasan kemiskinan ekstrem dapat diwujudkan pada akhir tahun 2024.

Wapres meminta agar pemerintah Provinsi Jawa Timur dan kelima kabupaten prioritas di tahun 2021 perlu menentukan lokus prioritas. Sekaligus memfokuskan sumberdaya serta mendorong percepatan pengurangan kemiskinan ekstrem dengan menggunakan kombinasi antara indikator persentase penduduk miskin ekstrem dan juga jumlah penduduk miskin ekstrem di satu wilayah.

Kombinasi dua indikator ini diharapkan dapat mengarahkan pemerintah daerah untuk memilih wilayah. Bukan hanya dengan persentase penduduk miskin ekstrem tinggi, namun juga dengan penduduk ekstrem yang besar.