Beritakan Kasus Korupsi, Wartawan Divonis 3 Bulan Penjara

Kontributor: -8 views

JAKARTA (XNews.id) – Muhammad Asrul, seorang wartawan di Palopo, Sulawesi Selatan (Sulsel) divonis hukuman tiga bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Palopo pada Selasa (23/11). Vonis itu buntut dari profesi Muhammad Asrul sebagai wartawan yang memberitakan dugaan kasus korupsi.

Vonis dari majelis hakim PN Palopo ini mendapat sorotan keras dari LBH Pers. Direktur LBH Pers Ade Wahyudin menyesalkan vonis bersalah terhadap Asrul. Dia menilai hukuman tersebut bisa menjadi preseden buruk terhadap kebebasan pers di Indonesia.

“Kami sangat menyesalkan putusan ini. Karena bagaimanapun keputusan ini akan menjadi preseden buruk kebebesan pers,” kata Ade dalam keterangannya, Selasa (23/11).

Ade menyebut pemerintah kini sedang melakukan upaya untuk merevisi UU ITE. Padahal, dalam praktik penegakan hukum berkaitan SKB menteri disebutkan bahwa karya jurnalistik tidak bisa dipidana. Tetapi justru vonis terhadap Asrul berbanding terbalik dengan aturan tersebut.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!