Hati-Hati Tren Jawab Pertanyaan Pribadi di Medsos, Bisa Picu Kejahatan

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Hati-hati dalam bermain media sosial. Jika terlalu terbuka dalam menjawab setiap pertanyaan, maka akan timbul peluang terjadinya penipuan, kejahatan dunia maya, hingga pencurian identitas.

Salah satu contoh yang sedang tren baru-baru ini fitur sticker di story Instagram yakni ‘Add Yours’. Fitur ini memang tampak menarik seperti challenge berantai yang bisa diikuti oleh siapa saja yang melihat story tersebut di Instagram.

Dengan menekan sticker tersebut atau memilih ‘Add Yours’, kita bisa meneruskan fitur ini di story kita dengan foto terbaru, namun dengan sticker yang sama dengan harapan pengikut kita yang lain juga bisa ambil bagian dalam rantai fitur ini. Akan tetapi, sejumlah pertanyaannya bisa sangat terbuka dan mengulik data pribadi.

Dan jika pertanyaan yang kita jawab terlalu private, bisa-bisa kita akan menjadi korban penipuan. Salah seorang pengguna Twitter dengan nama pengguna @ditamoechtar_ membagikan kisah seorang temannya yang mengalami penipuan akibat diduga mengikuti challenge ‘Add Yours’ seperti di atas.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!