Jadi Rujukan Keilmuan, Dosen PTKI Diminta Lebih Produktif dan Inovatif

Kontributor: -11 views

JAKARTA (XNews.id) – Dosen Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) diminta lebih produktif dan inovatif sehingga Indonesia bisa menjadi rujukan keilmuan. Harapan ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani.

Di tengah pergumulan ideologi dunia saat ini, ia mendorong agar cendekiawan muslim PTKI mampu bersaing memproduksi gagasan murni dan inovatifnya bagi dunia Islam dan internasional. Akademisi muslim diharapkan tidak terjebak pada ruang teoritikal lama yang sudah tidak relevan.

“Kita perlu melakukan aktivitas-aktivitas ilmiah yang kolaboratif, salah satunya tentang distingsi PTKIN dan upaya mengawinkan ilmu-ilmu pengetahuan umum, ilmu pengetahuan sains dan agama, lalu bagaimana kita dapat membangun konsep hidup dalam satu tarikan nafas, bagaimana agama dan kebangsaan itu terwujud dari nilai-nilai kemasyarakatan,” ungkap dia dikutip, Selasa (23/11).

Untuk melakukan perubahan, Guru Besar UIN Bandung ini mengingatkan perlu menanamkan growth mindset, terutama dalam membaca konteks kekinian sehingga mampu memproduksi pemikiran yang relevan. Dirinya juga menyatakan, peneliti PTKI tidak akan mampu menjadi leader atau trendsetter jika terus mengikuti standarisasi pola berpikir negara tertentu.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!