Pandemi Covid-19 Membuat Sistem Kesehatan Harus Bertransformasi

Kontributor: -12 views

JAKARTA (XNews.id) – Pandemi Covid-19 tak dipungkiri menjadi masalah kesehatan global yang berdampak pada pelayanan kesehatan di seluruh dunia. Pada level nasional, pandemi mengakibatkan disrupsi terhadap ketahanan sistem kesehatan di Tanah Air.

Belajar dari pandemi, Kementerian Kesehatan berupaya melakukan transformasi sistem kesehatan yang memprioritaskan program promotif preventif dan preventif diseluruh lini kehidupan masyarakat. Transformasi kesehatan rencananya akan dilakukan pada 2021 hingga 2024, dengan berfokus pada enam bidang di antaranya transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi sistem ketahanan kesehatan, transformasi sistem pembiayaan kesehatan, transformasi SDM kesehatan dan transfromasi teknologi kesehatan.

Keenam pilar tersebut terbagi dalam dua kategori yakni kategori program utama yang mencakup tiga aspek transformasi, sementara tiga aspek mendasar.

”Keenam transformasi tersebut akan menjadi prioritas Kementerian Kesehatan dalam tiga tahun ini. Oleh karena itu, kami sangat membutuhkan partisipasi dari seluruh komponen bangsa baik itu pemerintah, swasta maupun asing untuk bisa membantu melancarkan keenam transformasi,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam keterangannya, Selasa (23/11).

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!