Progres Pembebasan Lahan Tol Bunder-Manyar Sudah 95 Persen

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id)- Tol Krian–Legundi–Bunder–Manyar (KLBM) hingga kini masih belum tuntas. Tol yang dioperasikan sejak November 2020 itu menyisakan kelanjutan pembangunan untuk ruas Bunder–Manyar. Sejauh ini, pembebasan lahan belum tuntas.

Kepala Seksi Pengadaan Tanah dan Pengembangan Kementerian ATR/BPN Kabupaten Gresik Dading Wiria Kusuma menyatakan, saat ini target pembebasan lahan untuk proyek tol Bunder–Manyar sudah 95 persen. Sisanya, yakni 5 persen, ditargetkan selesai pada akhir 2021.

Kekurangan 5 persen tersebut disebabkan adanya persoalan administrasi yang belum juga selesai. Misalnya, masih ada sengketa. Selain itu, ada lahan yang tidak diketahui kepemilikan tanahnya, dan ada pemilik lahan yang masih belum setuju.

Meski demikian, Dading memastikan akhir tahun ini persoalan lahan dapat selesai. Mengacu Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah, pembangunan untuk kepentingan umum bisa dilakukan dengan konsinyasi. Dengan cara, menitipkan uang ganti rugi ke pengadilan negeri. Pemerintah membeli tanah warga dengan harga di atas rata-rata.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!