Revitalisasi Lapangan Merdeka Bangkitkan Kesadaran Sejarah dan Budaya

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id)–Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution mengatakan, pelaksanaan revitalisasi Lapangan Merdeka yang dilakukan mulai awal 2022 bertujuan untuk membangkitkan kesadaran sejarah dan budaya di masyarakat.

”Meski direvitalisasi, nilai budaya di Lapangan Merdeka tidak boleh hilang. Nilai budaya tetap ada, sehingga membangkitkan kesadaran warga akan sejarah dan budaya,” ucap Bobby.

Wali kota juga meminta agar disediakan ruang bagi pelestarian maupun pengembangan seni budaya di Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara, pada revitalisasi tersebut.

Pemkot Medan dari Oktober hingga November sudah menyiapkan gambar dan tahap revitalisasi. Pekerjaan itu diperkirakan membutuhkan anggaran Rp 174 miliar.

Revitalisasi lapangan bersejarah seluas 4,88 hektare sebagai ruang terbuka hijau dan cagar budaya dilakukan dengan mempertahankan karakteristik. Seperti pohon trambesi yang ada sejak zaman Belanda.

”Itu sebabnya meski kita revitalisasi, nilai-nilai sejarah di lapangan yang dahulunya merupakan alun-alun tetap dipertahankan,” ujar Bobby Nasution.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!