15.345 Orang Masuk Daftar Tunggu Umrah se-Jawa Timur

Kontributor: -5 views

JAKARTA (XNews.id) – Kepastian keberangkatan umrah ke Tanah Suci sangat dinanti ribuan calon jamaah. Sejauh ini total ada 15.345 orang yang masuk daftar tunggu umrah se-Jawa Timur. Sepertiga dari itu, persisnya 5.148 orang, adalah warga Surabaya. Keberangkatan mereka tertunda akibat pandemi Covid-19.

Kasi Pelaksana Haji dan Umrah Kemenag Kota Surabaya Gatarman menyampaikan, mereka sudah masuk data nomor pendaftar umrah (NPU) di Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kemenag RI. Jumlah itu adalah akumulasi sejak 3 Februari lalu.

Mulai saat itu pemerintah Arab Saudi memang menutup pintu penerbangan jamaah umrah maupun haji. Bahkan, ada juga yang tertunda keberangkatannya sejak 2020. ’’Jadi, saat ini kita menunggu Kemenag pusat,’’ jelas Gatarman Selasa (23/11).

Dia menyampaikan, 5.148 calon jamaah umrah Surabaya terdaftar di berbagai penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU). Mereka tersebar di 48 PPIU se-Surabaya. Sejak Arab Saudi menutup penerbangan umrah untuk mencegah lonjakan Covid-19, mereka tidak bisa berbuat banyak. Pada Januari‒Februari lalu, sejumlah PPIU sudah menyiapkan rencana keberangkatan calon jamaah.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!