Ekonomi RI Akan Tumbuh di Atas 5 Persen di 2022, BI: Ini Pengungkitnya

Kontributor: -3 views

JAKARTA (XNews.id) – Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo optimistis pertumbuhan ekonomi nasional tahun depan akan tumbuh dikisaran 4,7 persen hingga 5,5 persen. Hal itu ditopang oleh pemulihan ekonomi global yang berdampak pada kinerja ekspor.

Perry mengatakan, meningkatnya kenaikan konsumsi dan investasi mendorong permintaan domestik yang diimbangi dengan kebijakan penanganan Covid-19 yaitu program vaksinasi, pembukaan sektor ekonomi, dan stimulus kebijakan.

Menurutnya, sinergi kebijakan yang erat dan kinerja perekonomian tahun 2021 menjadi modal untuk kembali bangkit dan optimisme dalam menatap pemulihan ekonomi Indonesia yang lebih baik pada tahun 2022.

“Pembukaan kembali sektor ekonomi prioritas, mendorong pemulihan ekonomi dalam jangka pendek melalui kebijakan peningkatan permintaan,” kata Perry dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2021, Kamis (24/11).

Perry mengungkapkan, dalam mendukung pemulihan ekonomi, respons bauran kebijakan BI yang bersinergi dengan kebijakan ekonomi nasional akan terus mengawal perekonomian pada tahun 2022. Apalagi, inflasi rendah dan terkendali pada sasaran 3±1 persen pada tahun 2022, didukung oleh kenaikan kapasitas produksi nasional melalui peningkatan efisiensi dan produktivitas dalam memenuhi kenaikan permintaan agregat di dalam perekonomian.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!