Kuliah D-2 Hanya 1,5 Tahun

Kontributor: -3 views

JAKARTA (XNews.id) – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyiapkan gebrakan terbaru. Mulai tahun depan, program diploma dua (D-2) bisa ditempuh hanya dalam waktu 1,5 tahun.

Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi Wikan Sakarinto mengungkapkan, program tersebut akan dimulai dari jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) dengan melibatkan pihak perguruan tinggi dan industri. Sehingga kurikulum di SMK sampai urusan pengajar di kelas akan melibatkan tiga unsur itu. ”Jadi, ini pernikahan segitiga, link and match SMK, politeknik, dan industri,” ujarnya saat membuka bimbingan teknis dan penyelenggaraan program diploma dua jalur cepat (fast track) bekerja sama dengan SMK dan industri di Bekasi kemarin (22/11).

Siswa disiapkan sejak duduk di kelas X dengan menggunakan kurikulum bersama. Tapi, tidak semua bisa masuk dalam program D-2 fast track ini. Mereka wajib mengikuti seleksi ketika sudah berada di kelas XII. Hal tersebut berkaitan dengan daya tampung yang dimiliki tiap-tiap jurusan di politeknik yang bekerja sama. Ada banyak prodi yang bisa dipilih. Misalnya manufacturing, elektronika, serta makanan dan minuman.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!