Lobster dan Kepiting Juga Bisa Merasakan Kesakitan

Kontributor: -4 views

JAKARTA (XNews.id) – Warga Inggris sebentar lagi mungkin tidak akan bisa memasak lobster, kepiting, gurita, dan sejenisnya hidup-hidup. Sebab, pemerintah setempat tengah mereformasi Undang-Undang Kesejahteraan Hewan.

Termasuk di dalamnya aturan yang secara resmi mengakui bahwa beberapa hewan bisa merasa sakit, haus, lapar, senang, takut, marah, dan sebagainya. Sebutannya hewan sentient.

Dilansir NBC News, awalnya yang masuk golongan itu hanya hewan bertulang belakang. Namun, baru-baru ini London School of Economics merilis laporan bahwa hewan cephalopoda seperti cumi-cumi dan gurita serta decapoda seperti lobster, kepiting, dan udang juga bisa merasakan sakit dan mendeteksi bahaya.

Hasil ini diketahui setelah melakukan 300 penelitian yang mengevaluasi indikator neurologis dan perilaku pada spesies invertebrata tersebut.

Selama ini, memasak lobster, gurita, dan kepiting hidup-hidup dimaksudkan untuk meminimalkan keracunan. Sebab, di dalam tubuh binatang-binatang tersebut ada bakteri yang ditakutkan akan berkembang biak dengan cepat jika diolah ketika mereka sudah lama mati. Tapi, kini semua tahu, ketika pisau mulai mengiris, mereka ternyata bisa merasa: sakitnya tuh di sini.

Halo Pembaca XNews.id, Xpresikan Penilaianmu Terhadap Konten Berita XNews.id, Ini Akan Menjadi Masukan Bagi Kami Tim Redaksi XNews.id, Berikan Rate Penilaian Dengan Menekan Gambar Bintang Dibawah Ini, Terima Kasih !!